MIAN Fisip Selenggarakan Workshop Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan Pembuatan Jurnal


Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Unmul kembali menyelenggarakan workshop pelatihan penulisan laporan akhir (tesis) kualitatif, kuantitatif dan pembuatan jurnal ilmiah. Workshop ini dipandang penting, terutama bagi mahasiswa yang telah memasuki tahap akhir dalam penyusunan tesis pada program Pascasarjana Fisip Unmul.

 

workshop upload 1

 

Tujuan diselenggarakannya workshop ini adalah untuk memberikan pelatihan, pemahaman dan pengetahuan bagi para mahasiswa yang akan membuat tugas akhir (penulisan tesis) dengan menggunakan metode penelitian yang tepat serta bagaimana cara membuat jurnal karya ilmiah yang baik hingga layak untuk dipublikasikan.

 

workshop upload 2

Sedangkan hasil Pelatihan ini adalah Peserta bisa mengerti perbedaan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Peserta  dapat  memperdalam bagaimana  merumuskan  instrument penelitian kuantitatif dan kuantitatif, bagaimana memilih metode untuk mendapat data, bagaimana menentukan  sampling  responden,  bagaimana  melakukan  entry  data, bagaimana melakukan analisis, dan bagaimana membuat laporan. Peserta   dapat   membuat   jurnal ilmiah yang dapat berfungsi sebagai media dialog yang efektif bagi kaum akademisi intelektual dalam transformasi pengetahuan dan informasi ilmiah.

workshop upload 3

Adapun yang menjadi pemateri dalam workshop ini antara lain Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si untuk pelatihan metodologi kualitatif, Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah untuk pelatihan metode kuantitatif, serta Dr. Bambang Irawan, M.Si dan Sonny Sudiar, MA untuk pelatihan pembuatan jurnal ilmiah. Peserta yang mengikuti worksop ini adalah mahasiswa program Magister Ilmu Administrasi Negara semester tiga yang terdiri dari tiga kelas yaitu dua kelas konsentrasi Kebijakan Publik (KP) dan satu kelas konsentrasi Administrasi Pemerintahan Daerah (APD).